Berita

Fokus Di Pendidikan dan Kesehatan

BANGUN SDM, PEMERINTAH FOKUS DI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

ybb.or.id, Jakarta — Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Gellwynn Daniel Hamzah, mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) saat ini masih menjadi isu strategis ke depan. Sebab, di era industri 4.0 pemerintah tengah gencar meningkatkan kualitas SDM berdaya saing tinggi.

“Peningkatkan kualitas dari pengelolaan dasar yang baik khususnya di bidang pendidikan tetap menjadi prioritas,” kata Gellwynn dalam forum konsultasi publik, di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Gellwynn mengatakan, di bidang pendidikan pemerintah terus mendorong kapasitas SDM melalui sektor pendidikan.

Tidak hanya fokus kepada peserta didik, tapi juga pemerintah memperhatikan kepada peningkatan sarana dan prasarana. Berdasarkan catatan, partisipasi pendidikan pada jenjang menengah dan tinggi menunjukan adanya peningkatan.

Misalnya saja pada tingkat pendidikan SMK dan SMA, pada 2017 mencapai 82,84 persen, meningkat dari 2016 yang tercatat hanya 80,89 persen.

Di samping itu, pendidikan tinggi pada 2017 berada di 29,93 persen, atau meningkat dari periode sebelumnya yakni 27,98 persen.

“Dengan upaya tersebut telah terjadi peningkatan angka partisipasi sekolah pada setiap jenjang pendidikan keseluruhan,” imbuhnya.

Gellwynn menambahkan, selain bidang pendidikan, upaya peningkatan SDM juga didorong melalui sektor kesehatan. Sebab, untuk menunjang SDM yang mampu berdaya saing, kesehatan menjadi faktor utama.

Berdasarkan data yang dimiliki Bappenas, upaya pemerintah dalam menekan tingkat kesehatan masyarakat menunjukan tren positif. Misalkan saja, sejak 2010 hingga 2015 angka kematian ibu dan anak berhasil ditekan sebesar 12 pesen.

Di sisi lain, stunting juga masih terjadi, tapi dalam lima tahun terakhir (2013 sampai 2018) prevalensinya juga turun 6 persen. Dari 36,3 persen menjadi 30,8 persen. “Pembangunan manusia kini menjadi faktor penting,” tutur dia.

sumber: liputan6.com