Berita

Gandeng Tangan YBB – PBMT Ventura

mou-pbmt-slide

PEMBIAYAAN MIKRO MENDUKUNG USAHA KECIL.

ybb,26/04/16; Upaya membangun kewirausahaan pada level masyarakat mikro memerlukan pendekatan tersendiri yang lebih membutuhkan sentuhan jiwa ketimbang pendekatan angka-angka dalam neraca yang ‘njlimet’, setidaknya itu yang dirasakan oleh Saat Suharto, Presiden Direktur PT. Permodalan BMT Ventura, dalam kesempatan acara penandatanganan Nota Kesepemahaman (MOU) antara Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) dengan PT. Permodalan BMT Ventura pada hari Selasa tanggal 26 April 2016 bertempat di Gedung Equity Tower, lantai 27, Suite F, Sudirman Central Business District, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

Sarwono Kusumaatmadja dengan didampingi D. Aditya Sumanegara, Indragara dan Dhini Hidayati selaku Ketua Umum, Ketua I, Sekretaris I dan Bendahara I Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) pada siang itu telah membangun kerjasama melalui nota kesepemahaman dengan PT. Permodalan BMT Ventura dalam mendukung pembentukan dan pengembangan usaha mikro yang dijalankan oleh masyarakat di pasar-pasar tradisional maupun usaha-usaha produktif lainnya dalam skala kecil dan menengah.

Kesamaan pandang tersebut tercermin dalam butir-butir kesepakatan dalam melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan kewirausahaan kelompok muda usia produktif di kota sedang, kota kecil dan desa. kajian terhadap kebijakan publik yang berbasis demografi dan menyebarluaskan informasi bonus demografi kepada mitra kerja, jaringan dan masyarakat luas melalui kegiatan diskusi, seminar dan media informasi lainnya.

Dalam sambutannya Sarwono Kusumaatmadja menyampaikan bahwa bangsa Indonesia kini tengah berada dalam era bonus demografi yang hanya terjadi sekali dalam sejarah suatu bangsa. Peristiwa ini ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif antara usia 15 – 64 tahun, sejak tahun 2012 hingga 2045 mendatang.

Potensi usia muda yang produktif tersebut harus dapat dioptimalkan, tentunya melalui peningkatan kualitas dan kompetensi untuk memperkuat daya saing dengan melatih kreatifitas yang inovatif. Indonesia dewasa ini memiliki peluang yang besar, karena negara-negara tetangga sekitar kita telah melampaui era bonus demografinya.

Saat Suharto dalam sambutan awalnya mengingatkan bahwa dengan perkembangan demografi sekarang ini, justru para pelaku usaha mikro seperti pedagang-pedagang di pasar tradisional lebih didominasi oleh usia muda, sangat beda sekali dengan beberapa waktu yang lalu jika para pedagang di pasar masih didominasi usia tua, tapi sekarang yang jualan muda-muda, tambahnya.

Namun tantangan yang dihadapi sekarang, misal, terkait dengan kemajuan berbasis IT dimana sekarang ini sudah banyak pedagang sayuran online yang langsung mengantarkan kebutuhan pemesan, belum lagi menjamurnya toko-toko modern maupun penjualan sistem online lainnya.

Beberapa hal yang menjadi kesamaan pandang sekaligus mempersatukan orientasi antara YBB dengan PMBT Ventura adalah bagaimana membangun SDM khususnya usia muda yang produktif, kreatif dan inovatif untuk dapat bersaing dengan semangat juang yang tinggi dengan penuh dedikasi dan integritas.

YBB dalam hal ini lebih berkonsentrasi pada upaya-upaya pembentukan dan penguatan karakter melalui pembudayaan nilai-nilai integritas yakni kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab, sehingga dalam implementasi kerjasama, melalui binaan PBMT Ventura proses pembudayaan nilai-nilai integritas tersebut dapat terwujud.

Jadi, kolaborasi yang terjalin antara YBB dengan PBMT Ventura merupakan wujud komitmen bersama untuk membangun dan meningkatkan produktifitas SDM muda Indonesia yang memiliki kompetensi handal, berdaya juang tinggi serta berintegritas, sehingga karakter yang terbentuk tersebut dapat menjadi cerminan karakteristik bangsa Indonesia yang bermartabat serta sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dukungan kekuatan Pt. PBMT Ventura menggariahkan kegiatan ekonomi masyarakat telah terbukti memperkokoh ketahanan ekonomi rakyat, khususnya dilapisan menengah bawah. PBMT Ventura, bukan hanya telah menyumbang nilai keekonomian melalui jembatan kegiatan microfinancenya, hal lain yang juga penting diapresiasi adalah upaya yang dilakukan untuk turut menumbuhkembangkan kesadaran menabung di masyarakat. Hal itu sangat penting, ditengah masih rendahnya pemahaman manfaat menabung, upaya menumbuhkan kesadaran dan budaya menabung di masyarakat lapisan menengah bawah perlu mendapat dukungan luas.

Segera setelah MoU, tim YBB dan PMBT Ventura akan menindaklanjuti merumuskan program kerja bersama sehingga niatan luhur kedua pihak untuk berbuat terbaik bagi masyarakat dapat diwujudkan.

pb: dodo//