Berita

Komitmen Lintas Generasi

cisdi-slide-copy

MEMBANGUN KEMITRAAN LINTAS GENERASI

ybb, 18/04/16; Jakarta Senin 18 April 2016, bertempat di Jalan Cikini Kecil No. 10, Jakarta Pusat, tepatnya di kantor Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) yang berada di lantai 4, telah berlangsung suatu peristiwa penting yang menandai terbangunnya komitmen kepedulian pada kesehatan masyarakat oleh dua generasi yang terpisahkan oleh jarak waktu yang cukup jauh.

Sarwono Kusumaatmadja dengan didampingi D. Aditya Sumanegara, Bambang Wasito Adi dan Indragara selaku Ketua Umum, Ketua I, Sekretaris dan Sekretaris I Yayasan Bhakti Bangsa (YBB) sebagai lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap peristiwa ‘bonus demografi’ dengan segala permasalahan terkaitnya, telah membangun kerjasama melalui nota kesepemahaman dengan CISDI untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi bangsa ini melalui berbagai aktifitas sosial yang diorientasikan untuk membangun dan memperkuat kesadaran masyarakat akan peluang dan tantangan ke depan dalam era ‘bonus demografi’, salah satunya melalui pembangunan kesehatan masyarakat baik secara fisik maupun psikis utamanya dalam penguatan karakteristik bangsa.

Dalam 5 (lima) poin kesepemahaman sebagaimana pasal 2 telah disepakati untuk saling mengisi dan memperkuat pada upaya-upaya untuk melakukan penguatan karakter dan peningkatan kompetensi SDM usia produktif, pembinaan dan pelatihan guna mendukung program kesehatan masyarakat, kajian-kajian pada kebijakan publik terkait dengan regulasi berbasis demografi dan menyebarluaskan berbagai informasi tersebut kepada mitra kerja, jaringan dan masyarakat luas melalui diskusi, seminar dan media informasi lainnya. Komitmen kebersamaan tersebut menjadi menarik bahkan fenomenal karena dilakukan oleh yang mewakili dua generasi berbeda, yakni Sarwono Kusumaatmadja generasi tahun 40 an dengan Dian S. Saminarsih yang mewakili generasi 70 an. Momentum ini juga sekaligus menunjukkan bahwa kesamaan pandangan dan orientasi antar generasi yang terpisah jauh merupakan keniscayaan, apabila visi tersebut semata untuk kepentingan yang lebih luas.

Satu hal yang terpenting dalam kesepakatan tersebut adalah komitmen bersama untuk mendukung program kesehatan masyarakat secara menyeluruh. Dalam hal ini CISDI yang telah cukup lama menekuni kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan melalui program Penggerak Nusantara dengan mengirim relawan-relawan kesehatan ke pelosok-pelosok Indonesia untuk membangun kesadaran hidup sehat pada masyarakat di pedalaman pedesaan, sepakat bersama dengan YBB untuk juga peduli dengan kesehatan psikis masyarakat melalui upaya membangun dan memperkuat karakter masyarakat yang dimulai dengan membangun pola pikir positif yang kreatif dan inovatif, serta dilandasi nilai-nilai integritas (kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab) sebagai pribadi maupun sebagai satu kesatuan masyarakat Indonesia.

Semoga Nota Kesepemahaman ini dapat diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan nyata yang memberikan manfaat bagi banyak pihak, khususnya masyarakat yang berdiam dan beraktifitas di pelosok-pelosok wilayah pedesaan yang belum terjangkau fasilitas pendukung maupun di masyarakat perkotaan yang tenggelam dalam hiruk pikuk namun termarjinal karena lingkungan yang makin terhimpit kemajuan pembangunan.

sb: dodo//