Berita

YBB Gandeng LD FEB -UI

post pics(5)

YBB GANDENG LD FEB – UI

Bertempat di ruangnya, Turro Wongkaren, kepala Lembaga Demografi FEB Unibersitas Indonesia, menerima hangat silaturahim sekretaris eksekutif YBB didampingi redaktur pelaksana e-Jurnal bonus demografi, Hari Widodo, Rabu (01/03/17) kemarin.

Pertemuan tersebut, diantaranya, mengulas penjajakan kemitraan antara YBB dengan LDFEB-UI dalam konteks sinerji program sosialisasi, advokasi, dan edukasi bonus demografi.

‘kami menyambut gembira dan senang membangun kemitraan dengan Yayasan Bhakti Bangsa karena memang hal ini sudah cukup lama dipikirkan sejak pertemuan kami di Solo bulan November 2016 lalu, dimana YBB berkerjasama dengan Bappenas menyelanggarakan diskusi terpumpun’ ungkap Turro. Lebih lanjut Turro menyampaikan bahwa ada kesamaan pandang antara YBB dan LDFEB UI, yakni melihat bonus demografi sebagai suatu tantangan bagi bangsa Indonesia.

‘…terjadi bonus atau tidak toh pertumbuhan penduduk akan tetap mencapai bentuk sesuai jumlah yang diprediksikan. Nah persoalannya sekarang adalah bagaimana kegiatan ekonomi (pekerjaan –red) dapat memberikan nilai lebih bagi mereka yang berada di kriteria usia produktif tersebut, terutama di rentang usia 15 sampai 34 tahun…yang kita khawatirkan kan selain rendahnya nilai lebih ekonomi dari semestinya (akibat kurang produktif —red) juga sedikitnya mereka terserap pasar kerja…’ imbuhnya.

‘…jika tidak diantisipasi, kami khawatir peristiwa the arab spring di tahun duaribusepuluhan rasanya paling dekat kemungkinannya. Saya sepakat dengan YBB yang juga melihat sisi kondisional saat ini dan ke depan tidak terlalu jauh dengan kondisi pemicu peristiwa tersebut…oleh karenanya kami membuka dan menyambut keinginan YBB menjalin sinerji kemitraan dengan LDFEB UI…’

Hari Widodo mengungkapkan bahwa kemitraan yang akan dibangun dengan LDFEB UI dalam konteks upaya YBB untuk dapat dukungan mitra kerja yang memiliki basis keilmuan relevan. ‘…sementara ini kami sudah bekerjasama dengan Universitas Trilogi Jakarta melalui lembaga Pusat Kependudukan dan Demografi Indonesia (PKDI). Selain LDFEB UI, kami juga berharap dapat bersinerji dengan Lembaga Demografi UGM…’

‘…ada dua hal yang urgent dari sinerji kemitraan ini, pertama, hal tersebut terkait erat dengan rencana kerja kami menerbitkan elektronik jurnal bonus demografi yang in sya’ Allah volume 1 akan diterbitkan dalam waktu dekat. Beberapa tulisan sudah masuk dan sekarang dalam proses seleksi di Dewan Redaksi untuk kemudian akan kami mintakan kajian Mitra Bestari sebelum diajukan ke LIPI guna mendapatkan ISSN-nya. Untuk menjaga kesinambungan penerbitan dan juga relevansi konten, kami perlu dukungan lembaga terkait, diantaranya LDFEB UI…’ ujarnya.

Kedua, menurut Hari Widodo, guna memenuhi kebutuhan analis dalam upaya memperkuat YBB membantu mitra kerja seperti kerjasama yang sedang dirintis dengan Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Dan juga, pernah salah satu Bappeda di provinsi Sulawesi Utara menyampaikan keinginan untuk dibantu dalam membuat maping demografi di sana.

Selain kedua hal itu, Hari widodo juga mengatakan bahwa silaturahmi yang dilakukan tidak lepas dan merupakan bagian dari persiapan diterimanya pimpinan YBB oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. M. Anis, yang dijadwalkan pada Senin, 13 Maret 2017 mendatang.

sb: esispr//