SEPERTI APA TREN TEKNOLOGI 2019

Jakarta – Sejumlah inovasi teknologi telah melahirkan tren baru tahun ini, bagaimana dengan di tahun 2019? Akankah lahir tren baru yang bakal mengubah industri teknologi?

Dimension Data, perusahaan integrator teknologi dan penyedia layanan terkelola global, baru merilis laporan bertajuk Tren Teknologi 2019. Laporan ini mengidentifikasi tren industri mendasar di masa mendatang, yang akan mendefinisikan lanskap teknologi bisnis pada tahun 2019.

Dalam laporan tersebut, Group CTO Ettienne Reinecke mengklaim bahwa kita akhirnya akan melihat transformasi digital menjadi kenyataan pada tahun 2019. Ia juga memprediksi adanya serentetan gangguan pada industri, dengan perusahaan-perusahaan inovatif melihat proyek jangka panjang berbuah hasil.

“Hingga saat ini industri kita telah berbicara tentang teknologi inovatif secara teoritis, tanpa memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana inovasi baru yang kuat ini akan digunakan. Coba pikirkan sekelumit nama seperti: analitik, mesin pembelajaran, kecerdasan buatan, blockchain, dan container,” ujar Reinecke.

“Semua itu mulai berubah. Penerapan teknologi-teknologi disruptif ini menjadi lebih dalam dan adopsi atas teknologi tersebut berkembang secara stabil. Kita akan melihat perusahaan yang paling inovatif memperlihatkan contoh transformasi digital yang benar-benar berdampak pada tahun 2019 dan akan ada lebih banyak perusahaan yang melakukan itu dalam waktu tiga tahun ke depan,” lanjutnya.

Laporan Tren Teknologi 2019 juga mengidentifikasi lebih lanjut lima tren yang akan menentukan lanskap teknologi bisnis tahun depan, meliputi:

Penulis: Adi Fida Rahman